Umroh Cerdas, Hati-Hati Tertipu Umroh Murah

Maraknya jumlah penipuan umroh murah masih kerap terjadi, iming – iming harga murah namun buntung. Jika menunggu jatwal haji yang terlalu lama calon jamaah biasanya memilih jalan berumroh ke tanah suci selain harga lebih terjangkau dan waktu yang lebih fleksibel selain di musim haji. Hal inilah yang sering dimanafaatkan travel abal-abal umtuk melakukan penipuan kepada calon jamaah, karena itulah kita diwajibkan unruk cermat dalam memilih.

Harga murah belum jaminan kenyamanan umroh yang didapatkan, Anda harus cermat melihat fasilitas apa saja yang didapatkan dengan harga yang diberikan. Kondisi saat ini banyak perusahaan yang menjual paket haji dan umroh hanya dengan menyampaikan lamanya umroh dan harga yang murah. Sementara hotel dan pesawat tidak disebutkan sehingga calon jamaah di Indonesia banyak yang terkecoh. Hal pertama yang harus diketahui calon jamaah yang hendak berangkat umroh adalah hotel dan pesawat yang akan digunakan, selanjutnya nama perusahaan dan lokasi kantor travel tersebut. Pihak travel juga wajib menyediakan tenaga pembimbing ibadah dan petugas kesehatan termasuk memberangkatkan dan memulangkan jamaah sesuai dengan visa umroh maupun haji.

Adapun ciri paket umroh murah dari travel abal bisa diketahui sebagai berikut :
  1. menawarkan paket murah diluar kewajaran.
    Walau harga murah belum tentu travel tersebut abal, namu jika yang ditawakan lebih murah dari paket harga yang wajar sudah sepatutnya Anda merasakan curiga dan waspada. Biasanya paket umroh yang tawarkan hanya sekitar 7 – 12 juta dengan iming – iming kuota terbatas atau sedang promo. Padahal harga normalnya jauh diatas segitu bahkan puluhan juta, tentu saja tidak wajar kan mereka menawarkan paket tersebut.
  2. tidak ada kantor
    Ketika Anda mendapatkan penawaran paket umroh murah dari suatu perusahaan atau brosur iklan yang menurut Anda menarik, lebih dahulu cek apakah ada tempat atau kantor dari perusahaan tersebut. Cek juga apakah alamatnya memang sesuai dan bangunan tersebut benar-benar milik perusahaan tersebut lengkap dengan surat izinnya. Jangan sampai Anda begitu saja memberikan uang kepada perusahaan yang tidak jelas yang bahkan tidak memiliki sebuah gedung atau kantor resmi. Walaupun saat ini Anda bisa melakukan pendaftaran melalui jalur online, namun alangkah baiknya Anda juga melakukan cek ulang di kantor resmi dari biro perjalanan umrah yang Anda pilih. Sebaiknya juga hindari pembayaran yang dilakukan melalui jalur transfer.
  3. tidak ada website atau sosial media yang resmi
    Biasanya travel umroh yang baik mempunyai website atau sosial media yang professional, Anda dapat mengakses info dan harga paket yang ditawarkan. Mungkin Anda harus berpikir 2 kali untuk mengambil paket umroh dari travel yang menawarkan harga murah dan websitenya hanya website gratisan yang berupa blogspot atau wordpress, contoh; travelumroh.blogpsot.com atau travelumroh.wordpress
  4. bayar dimuka untuk keberangkatan tepat waktu
    Travel abal biasanya akan meminta pembayaran diawal atau uang muka yang lebih besar untuk keberangkatan tepat waktu seperti tahun depan atau beberapa tahun kemudian. Padahal ibadah umroh bisa dilakukan kapan saja selain musim haji, ada beberapa hal yang mereka lakukan dengan rentang waktu lama tersebut yaitu uang dijadikan modal usaha terlebih dahulu atau membawa kabur uang tersebut jauh sebelum Anda menyadarinya.
  5. uang digunakan usaha lain
    Seperti yang telah dijelaskan diawal, mengapa mereka menawarkan biaya yang murah karena mereka membutuhkan modal cepat dan menggunakan uang tersebut untuk hal lain seperti Forex atau disebut juga dengan money trading. Mereka menggunakan uang tersebut untuk ditaruh di pasar uang. Jika mereka mendapatkan keuntungan, Anda bisa saja benar-benar diberangkatkan umrah untuk menghindari kecurigaan. Namun jika mereka mengalami kerugian, kebanyakan akan kabur dan meninggalkan Anda yang sudah kehilangan uang jutaan rupiah.

Semoga tulisan ini bermanfaat!

© 2019 Travel Umroh dan Haji Plus Supported by: Blogger